Kamis, 27 Mei 2021

Bayi Terlalu Kurus? Berikut 5 Cara yang Bisa Bunda Lakukan

Bayi yang gemuk dan sehat menjadi salah satu dambaan para ibu. Pasalnya, bayi yang terlalu kurus akan terlihat kurang sehat. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengetahui cara perawatan bayi baru lahir agar cepat gemuk dan tentunya sehat. Cara-cara yang akan dijelaskan di bawah ini bisa anda gunakan sebagai ikhtiar untuk merawat bayi supaya cepat gemuk.

Bayi Terlalu Kurus Berikut 5 Cara yang Bisa Bunda Lakukan

5 Cara yang Dapat Dilakukan Untuk Membuat Bayi Cepat Gemuk

1. Memberikan ASI Secara Optimal

ASI merupakan sumber makanan utama bagi bayi yang baru lahir hingga menginjak usia beberapa bulan dan sangat baik untuk kesehatan bayi. Pemberian ASI yang dilakukan dengan optimal akan merangsang pertumbuhan bayi dengan baik, sehingga tubuhnya akan cepat gemuk dan sehat. Pastikan anda menyusui bayi sesuai jadwal atau saat bayi merasa lapar.

Ketika bayi merasa lapar, segera berikan ASI dan jangan biarkan dia menangis. Biasanya, para ibu akan mengalami infeksi pada puting selama proses menyusui. Jika hal itu terjadi, maka segera obati agar bayi tidak menolak menyusu yang bisa mengakibatkan berat badannya menurun.

2. Memperhatikan Waktu Tidur Bayi

Cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk selanjutnya adalah memperhatikan waktu tidurnya. Aktivitas yang bisa dilakukan oleh bayi yang baru lahir hanyalah makan dan tidur, sehingga berat badannya dapat tumbuh dengan sempurna. Untuk mendukung hal ini, anda harus memastikan bayi anda tidur dengan cukup selama 16 jam dalam sehari.

Namun, tetap berikan susu kepada bayi sesuai jadwal agar bayi tidak merasa kelaparan. Selain itu, anda harus menyediakan tempat tidur yang nyaman dan aman untuk bayi anda supaya waktu tidurnya menjadi berkualitas dan tumbuh kembangnya berjalan secara optimal.

3. Segera Menenangkan Bayi Ketika Menangis

Terlalu sering menangis biasanya akan membuat bayi cenderung mengalami kesulitan menaikkan berat badan. Sebab, bayi yang menangis menandakan sedang lapar atau kurang tidur. Dua hal ini menjadi penyebab utama bayi sulit untuk gemuk dan menjadi kurang sehat. Cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk memang perlu perhatian lebih.

Saat bayi menangis, segera berikan ASI dan ganti popoknya, mungkin ia sedang tidak nyaman dengan pakaian yang dikenakan. Namun jika bayi masih saja menangis, anda bisa mencoba untuk membedongnya agar bayi menjadi lebih tenang. Jika belum berhasil juga, anda bisa menggendong dan mengusap lembut tubuhnya. Hal ini akan membuat bayi menjadi lebih nyaman dan tenang.

Merawat bayi yang baru lahir memang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan, terlebih untuk menjaga berat badannya agar tidak turun. Hal terpenting yang harus anda ketahui adalah menjaga bayi tidur dengan cukup dan perutnya tidak kosong. Untuk mengetahui tips lainnya seputar merawat bayi yang baru lahir, anda bisa klik di sini.