Senin, 28 Juni 2021

Tips Mengelola Keuangan Bagi Penghobi Koleksi Barang Branded

Kebanyakan orang memiliki hobi mengoleksi barang-barang branded, mulai dari tas branded, sepatu, baju, bahkan aksesoris. Meski satu barang dibanderol dengan harga selangit, Anda rela merogoh kocek dalam-dalam tanpa memikirkan kondisi keuangan Anda.

Jika kondisi keuangan Anda terbengkalai hanya demi menyalurkan hobi mengoleksi barang-barang branded, maka jangan heran jika keuangan Anda akan buruk dan sebagian kebutuhan Anda tidak tercukupi dengan baik.

Namun jangan khawatir, dengan menerapkan tips mengelola keuangan berikut ini, hobi mengoleksi barang branded bisa tersalurkan dan kondisi keuangan tetap aman.

Tips Mengelola Keuangan Bagi Penghobi Koleksi Barang Branded


Tips mengatur keuangan bagi yang suka mengoleksi barang branded

Cari tahu apa yang ingin Anda beli

Barang-barang bermerek tidak hanya pakaian, tas, dan sepatu, tetapi juga jam tangan, perhiasan, ikat pinggang, koper, dan masih banyak lagi. Sebaiknya tentukan dulu barang branded apa yang ingin kamu beli, agar kamu tahu budget yang harus disiapkan. Kalau budgetnya besar berarti menabung itu butuh proses, jadi harus sabar.

Intinya, sisihkan gaji secara rutin agar uang bisa segera terkumpul. Jangan menabung bulan ini, jangan bulan depan karena sistem tabungan seperti ini akan memperlambat proses perolehan uang untuk membeli barang branded yang diincar di awal.

Putuskan kapan harus membelinya

Jika Anda sudah mengetahui item tersebut, kini saatnya untuk menentukan kapan Anda akan membelinya. Apakah 1, 2, 3 bulan ke depan atau tahun depan? Dengan mengetahui jangka waktu tersebut, Anda mengetahui cara menghitung dengan tepat jumlah yang harus ada dalam tabungan, agar barang tersebut dapat dibeli pada waktu yang direncanakan.

Jika Anda memiliki lebih banyak waktu, Anda dapat menghemat jumlah yang lebih kecil setiap bulan. Sebaliknya, jika jangka waktunya lebih pendek, sebaiknya sesuaikan dengan kondisi keuangan Anda agar tabungan tidak terkesan dipaksakan.

Gunakan komisi atau THR

THR wajib bagi semua pegawai yang bekerja pada instansi tertentu, sedangkan komisi tidak wajib karena bergantung pada prestasi kerja. Nah, jika ternyata keduanya bisa Anda dapatkan di perusahaan tempat Anda bekerja sekarang, apa salahnya mengalokasikan komisi 75% dan THR untuk membeli barang-barang branded yang sudah lama diidam-idamkan.

Ini persentase yang lebih besar, tetapi itu lebih baik daripada menghabiskan uang untuk hal-hal yang kurang berguna. Tidak ada salahnya mendapatkan barang branded lebih cepat, agar nantinya bisa fokus membeli kebutuhan lainnya.

Siapkan akun khusus

Antara rekening pengeluaran harian, dana darurat, investasi, dan tabungan untuk membeli barang branded sebaiknya dipisahkan untuk memudahkan pengelolaan dana. Kalau tidak dipisahkan, saya khawatir akan terjadi sabotase dana. Dana yang seharusnya digunakan untuk investasi malah digunakan untuk membeli barang bermerek, atau sebaliknya.

Jika memungkinkan, jangan aktifkan fitur mobile atau internet banking agar akses transaksi dibatasi. Dengan cara ini, Anda tidak akan menggunakan akun yang bersangkutan untuk hal lain, kecuali untuk membeli barang bermerek.

Selalu update untuk mendapatkan diskon

Jangan khawatir, rata-rata rumah mode yang memproduksi barang-barang bermerek pasti pernah mengadakan diskon atau penjualan kepada konsumen, namun momennya berbeda. Ada yang saat Natal, pergantian musim, atau saat ada diskon besar-besaran, seperti Black Friday atau Cyber ​​Monday dan sebagainya. Nah, manfaatkan momen ini agar kamu bisa membeli barang branded dengan harga murah.

Informasi tentang diskon dapat dilihat di halaman resmi merek yang bersangkutan, di media sosial, melalui iklan, atau di majalah. Agar tidak ketinggalan info, lebih baik mendaftar untuk berlangganan newsletter atau email dari merek yang bersangkutan. Akan ada juga penawaran menarik yang khusus untuk newsletter, jadi jangan sampai ketinggalan ya!

Gunakan Paylater

Bagi yang ingin praktis dan cepat, Anda bisa memanfaatkan paylater. Platform pinjaman online ini akan memudahkan Anda berbelanja barang branded saat keuangan belum terkumpul. Kemudian, Anda hanya perlu membayar cicilan setiap bulan sampai lunas.

Selain itu, paylater juga terkadang memberikan promo menarik bagi pelanggannya, seperti cashback hingga ratusan ribu bahkan jutaan. Belum lagi kamu yang rutin membayar cicilan akan mendapatkan hadiah dari platform paylater yang kamu gunakan.